Sunday, June 7, 2009

4 Makanan Wajib Santap Tiap Hari

Agar tetap sehat dan terlindung dari serangan penyakit, kita perlu mengkonsumsi makanan yang tepat. Makanan apa saja yang sangat dibutuhkan tubuh sehingga Anda harus makan secara teratur setiap harinya?

YOGURT
Selama proses fermentasi susu jadi yugurt, banyak probiotik atau "bakteri baik" yang tubuh subur dalam yogurt. Probiotik berfungsi mengusir bakteri patogen atau "bakteri jahat" di dalam usus, meningkatkan kekebalan tubuh, dan melindungi tubuh dari serangan kangker usus. Minum 100 ml yogurt setiap hari sudah cukup untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

TOMAT
Sayuran yang punya warna merah menggoda ini mengandung banyak likopen yang bersifat antioksidan. Sejumlah penelitian menunjukan bahwa makanan yang kaya likopen dapat menurunkan risiko penyakit kandung kemih, paru-paru, prostat, kangker kulit, serta kangker lambung. Tomat juga bermanfaat bagi kesehatan jantung karena berperan menurunkan risiko penumpukan plak yang bisa menyumbat pembuluh darah. Anda perlu mengkonsumsi 22 mg likopen per hari atau sekitar 8 tomat ukuran kecil atau segelas jus tomat.

WORTEL
Sebagian besar buah atau sayuran berwarna kuning,merah, atau jingga kaya akan karotenoid, senyawa antioksidan yang memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko penyakit kanker, meningkatkan imunitas, dan menjaga kesehatan mata. Disarankan untuk mengkonsumsi setengah cangkir wortel setiap hari untuk memperoleh khasiat sehatnya.

BAYAM
Sayuran kegemaran tokoh kartun Popeye si pelaut ini kaya akan zat besi, asam lemak omega 3 dan asam folat. Karena itu bayam berkhasiat menjaga kesehatan jantung, mencegah stroke, memperkuat tulang, serta meningkatkan ketajaman penglihatan. Konsumsi secangkir bayam mentah atau setengah cangkir bayam masak setiap harinya.

No comments: