Monday, September 18, 2017

Balik Nama dan Mutasi Kendaran Bermotor Dalam Satu Area Tetapi Beda Samsat

Berbagi pengalaman pengurusan balik nama dan mutasi kendaraan bermotor sendiri di Sidoarjo.

Apabila kita membeli kendaraan bermotor second atau bekas dan akan melakukan balik nama BPKB 2, sebelum pergi ke SAMSAT baiknya cek dahulu alamat pemilik kendaraan yang tertera di STNK untuk mengetahui di Samsat mana berkas kendaraan itu didaftar, kebetulan kendaraan yang saya beli, pemilik sebelumnya beralamat di sidoarjo kota jadi berkas filenya ada di Samsat Sidoarjo Kota (yang berlokasi di Jl. Cemengkalang Jati.) dan Inilah urutan dan tahapan yang harus dilalui:
  1. Pertama Datang ke SAMSAT Sidoarjo Kota, dan langsung parkir kendaraan didekat loket cek fisik.
  2. Setelah itu yang harus anda lakukan adalah beli map (untuk mobil warna biru, untuk motor warna merah) dan photocopy berkas-berkas kendaraan, lebih mudah photokopi dikoperasi Samsat di sebelah pendaftaran loket cek fisik. Tukang photo copy sudah tahu dokumen apa yang harus di-copy dan rangkap berapa, sehingga tinggal serahkan saja semua berkas kendaraan kita ke tukang photo copy. (KTP Asli, STNK Asli dan BPKB Asli), total habis Rp 20.000.- sudah termasuk dibuatkan kwitansi pembelian kendaraan bermotor bermaterai dan plastik untuk stnk.
  3. Tulis Nama, no identitas pada map dan kemudian selanjutnya kita daftar (masukan map) ke loket cek fisik dan tunggu untuk diberi blangko cek fisik (untuk kendaraan roda 4 apa bila diberi blangko kertas biasa, sebaikanya tukar dan bilang minta yg balanko stiker)
  4. Selanjutnya cari tukang gesek kendaraan, blangko tadi akan digesekkan secara fisik pada nomer mesin dan nomer rangka kendaraan oleh petugas honor yang sudah ada di sekitar parkiran kendaraan cek fisik. Setelah selesai jangan lupa kasih tip seiklasnya, minim Rp. 5.000
  5. Kemudian blangko yang sudah digesek tadi masukan kedalam berkas map lagi dan masukan ke loket cek fisik lagi untuk dicap dan ditandatangani oleh petugas sebagai bukti keabsahan cek fisik-nya.
  6. Setelah cek fisik selesai, berkas dibawa ke gudang berkas kendaraan, di Samsat Sidoarjo tempat6nya di lantai atas gedung utama, masuknya lewat pintu utama depan, langsung naik tangga. Serahkan map berkas dan sampaikan bahwa akan balik nama. Berkas dokumen kendaraan akan diambil dari gudang dan diserahkan ke kita untuk diproses lebih lanjut (Apa bila kendaraan didaftar dibawah tahun 2014, petugas gudang berkas akan memberitahukan untuk ambil berkasnya di gudang berkas yang ada di Samsat lama (Lingkar Barat GOR), di gedung Samsat lama langsung masuk ke gedung utama lewat depan dan langsung naik ke lantai 2 serahkan map berkas kita ke petugas yang ada disana untuk diambilkan berkas-berkas kendaraan kita, setelah dapat, jangan lupa kasih tips seiklasnya he..), bawa kembali map berkas tersebut ke kantor Samsat Sidoarjo Kota (cemengkalang) ke Gudang berkas lagi di lantai 2 dan serahkan ke loket.
  7. Setelah selesai berkas dikembalikan ke kita dan karena alamat KTP saya di Sukodono dan itu masuk wilayah Samsat Krian petugas berkas dari gudang memberitahu kita bawa Balik Nama-nya dilakukan di Samsat Krian jadi kita diarahkan menuju ke loket fiskal & mutasi, turun ke lantai satu keluar dari gudeng utama dan masuk ke pintu belakang menuju loket mutasi keluar.
  8. Serahkan map berkas ke loket fiskal dan mutasi, disini dikasih form untuk di isi dan tanda tangan dan dikasih SKF (surat keterangan fiskal), setelah itu kita diarahkan ke loket kasir dan serahkan SKF dan bayar biaya setelah itu kembali ke loket mutasi lagi, untuk dibuatkan surat mutasi keluar, setekah selesai kita diarahkan lagi untuk ke loket gudang berkas di lantai 2 lagi.
  9. Di gudang berkas masuk/serahkan lagi map berkas tadi. Setelah selesai map berkas akan dikembalikan ke kita untuk di bawa ke samsat tujuan (Samsat Krian), dan untungnya gak harus ke POLDA dulu.
Lumayan capek juga.. anggap saja berolah raga ya… hehehee
Di Samsat Sidoarjo Kota start jam 8.00 dan selesai jam 10.00

Catatan: hati-hati dengan para calo yang pandai berkata-kata seolah sulit dalam pengurusan dan Jangan beri kesempatan untuk memperlihatakan apa lagi menyerahkan map yg berisi berkas-berkas kepada mereka, bisa-bisa akan sulit di minta kembali tau tau sudah selesai dengan meminta biaya jasa kepada anda, kita harus berani mengatakan tidak, bila ingin bertanya-tanya carilah petugas yang berseragam samsat.

Lanjut menuju Samsat Tujuan (Samsat Krian), Saran bawa juga copy Kartu Keluarga.
  1. Langsung menuju tempat photokopi dan serahkan berkas untuk di photokopi dan bilang mutasi masuk, tukang photocopy sudah ngerti berkas apa saja yg di photokopi dan berapa rangkap (biaya habis Rp. 20.000 padahal di cek yang diphotocopy cuma surat pengatar mutasi yang dari Samsat asal saja heee..)
  2. Masukan map berkas ke loket cek fisik, di sini hanya pengesahan berkas cek fisik saja, jadi tidak digesek ulang, hanya berkas cek fisik dari Samsat Sidoarjo Kota dicap dan ditandatangan oleh petugas loket cek fisik Samsat Krian.
  3. Kemudian daftar ke mutasi masuk, tempatnya diluar bersebelahan dengan loket pengambilan BPKB, dekat parkiran mobil arah jalan keluar kendaraan, bisa terlihat dari loket cek fisik.
  4. Setelah didaftarkan masuk, kita kembali bawa map berkasnya untuk menuju ke loket pengambilan formulir (gedungnya ada di luar, jadi satu dengan pelayanan cek fisik). Kemudian setelah terima formulir, formulir diisi terlebih dahulu baru dilanjutkan ke tahap berikutnya.
  5. Setelah formulir selesai diisi, masukan ke map berkas dan serahkan ke pendaftarran BBN, sempat diminta copy KK untuk didata katanya, (Tempatnya, masuk dalam gedung dan langsung belok kanan) diklarifikasi “OK” kemudian akan diarahkan untuk menunggu loket kasir dan dapat nomor antrian. Di sini kita tunggu panggilan dari kasir.
  6. Dipanggil oleh petugas kasir dan bayar, setalah bayar kita akan menerima BUKTI PEMBAYARAN PAJAK asli dan BPKB asli lama serta KTP asli. Petugas kasir akan mengarahkan untuk menuju ke loket pendaftaran BPKB tapi jangan langsung kesana agar tidak sia-sia antri sebaiknya lakukan langkah ke 7 dahulu.
  7. Kembali ke tempat photocopy serhakan BUKTI PEMBAYARAN PAJAK + KTP untuk diphotocopy menjadi dua rangkap (tukang photocopy sudah menegerti) disini Cuma bayar 2000.
  8. Menuju loket pendaftaran BPKB. Masukan BPKB asli lama beserta BUKTI PEMBAYARAN PAJAK beserta photocopynya dan photocopy KTP tadi ke bagian Penulisan BPKB dan tunggu sampai dipanggil.
  9. Petugas akan mengembalikan BUKTI PEMBAYARAN PAJAK asli dan satu photocopynya (Jangan hilang karena akan distaples dengan berkas dari BPKB lama yaitu faktur Kendaraan) sebagai tanda terima untuk pengambilan BPKB baru, petugas akan mengarahkan ke loket pengambilan STNK baru.
  10. Tahap selanjutnya ke loket pengambilan STNK, tempatnya ada di loket PNBP dari pintu masuk gedung langsung paling kiri, serahkan BUKTI PEMBAYARAN PAJAK asli dan tunggu, petugas akan memberikan STNK asli yang baru dan mengembalikan BUKTI PEMBAYARAN PAJAK asli.
  11. Tahap terakhir adalah loket pembuatan plat nomor kendaraan, kita serahkan bukti bayar pajak, atau STNK baru untuk kemudian dibuatkan plat nomor sesuai STNK atau bukti bayar pajak. Tunggu sampai dengan selesai. Pulang dan pasang palt nomor baru pada kendaraan.
Di Samsat Krian sampai jam 10.30 dan selesai jam 12.00, baguslah satu hari sudah selesai tapi lumayan capek juga, pokoknya jangan malu bertanya kalau ada yang bingung.

Tinggal satu langkah yaitu akan kembali ke Samsat Krian untuk ambil BPKB Asli.. ini yang paling lama bias berbulan-bulan liat saja di tanda terima ada tanggal kapan kembalinya (Punya saya disuruh kembali 4 bulan lagi, lama amit).

Info Wilayah Pelayanan Samsat di Sidoarjo:
Samsat Sidoarjo Kota, meliputi Kecamatan :
  • Sidoarjo
  • Candi
  • Buduran
  • Porong
  • Tanggulangin
  • Krembung
  • Jabon
  • Gedangan
  • Sedati
  • Waru
Samsat Krian, meliputi Kecamatan :
  • Krian
  • Balongbendo
  • Tarik
  • Prambon
  • Wonoayu
  • Tulangan
  • Sukodono
  • Taman

16 comments:

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Yanto said...

Totak biaya hbis brap pak?

Unknown said...

Tolong kalau memberi info jangan plus gratifikasi (tip) nanti kalau ada OTT kasian petugas.. belajar kerja jujur toh sudah ada gajian yang sesuai, kalau mau mengasih tip mending makanan atau rokok.. sekian terima kasih infonya

Unknown said...

Copy 25
Fiskal 150
Bbn 225
Stnk 100
Plat 60
Parkir 25
Pajak
Teh botol 5000

amri said...

Apakah balik nama tanpa identitas penjual bisa dilakukan??

Best said...

Kalo tip kan kita yg ngasih scr ikhlas kan yaa ..jadi kalo ngak ngasih ya ngak ppa

Nah kalo diatas itu tip atau emang biaya ng.cek ...tolong admin..sya btuh kejelasan..hh

Unknown said...

Bisa gan

Unknown said...

Brapa biaya balik nama plat kuning ke plat hitam satu samsat krian Mobil dumb Truk .trmksh

Unknown said...

Gimana cara ganti plat w ke l

Ppdbsmpn21sby said...

Tadi ngurus balik nama di samsat sidoarjo sangat dan sangat. Padahal ingin tertip hukum dan disiplin pajak. Kok rasanya sulit. Nama bisa negara ini maju. Wong oknumnya banyak prinsip Bisa sulit ngapai kok di buat muda. Yang ngak ada ceperan dari calo. Fakta silakan di pancing pakai org awam

kuda hitam said...

Gmn gan ngurusnya, ribet gak?

Unknown said...

Gimana caranya ganti plat W krian menjdi plat W sidoarjo

Unknown said...

Sabtu buka g kantor samsatnya mohon infox

www.palaganjkm.com said...

Klu motor th 2000 stnk + pajak mati th 2016 klu dihidupkan ( balik nama ) kira2 habis berapa ya biayanya.

Unknown said...

Saya mau ganti plat dan balik nama.
Motor alamat balongbendo ikut krian ya.
Saya ktp candi.
Tanpa ktp pemilik pertama bisa g gan??
Atau pakek surat kuasa juga?

Unknown said...

Habis brapa ya jupiter robot mau bakik nama